Minggu, 21 Februari 2010

Memperbaiki File MS Word yang rusak

Robby ://
Pernahkah Anda menerima pesan error saat inginmembuka sebuah file .doc milik Word? Error tersebut biasanya berupa “The document name or path is not valid. Try these suggestions. Check the file permissions for the document or drive. Use the File Open dialog box to locate the document” atau “Word cannot open the document”.

Jika di dalam file itu adalah file penting seperti skripsi atau laporan tahunan, tentu bisa membuat frustasi. Ada yang bisa Anda lakukan untuk merecovery file DOC tersebut agar bisa dibuka kembali, yaitu dengan menggunakan Repair My Word. Aplikasi freeware ini akan merecover semua file Word mulai versi 6.0 sampai 2003.


  1. Download Repair My Word dari Repair my word dengan file berukuran 1,5 MB. Setelah di-download, langsung jalankan tanpa instalasi.
  2. Klik Repair/Open, dan pilih file DOC yang ingin di recover.
  3. Setelah hasil recoverynya muncul, klik Save. Lalu simpan dalam format RTF.

Perlu Anda ketahui, Repair My Word hanya bisa menyimpan hasil recovery ke dalam format RTF. Itu artinya jika di dalam file DOC Anda terdapat gambar, table, macro dan sebagainya, semuanya tidak ikut disimpan. Yang disimpan hanya murni teksnya saja, dan itu pun sudah dalam format yang tidak rapi lagi.